Home » , » Tarekat di Masa Gerakan Nasional

Tarekat di Masa Gerakan Nasional

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Minggu, 27 Januari 2013 | 23.45


Memasuki abad ke-20 situasi tantangan berubah secara derastis. Peralihan dari masa imprealisme klasik ke imprealisme modern menjadikan Indonesia sebagai sumber bahan mentah dan pasar dari hasil industri penjajah. Untuk memenuhi kebutuhan ini Belanda menjalankan Politik Pintu Terbuka yang sudah dimulai 1870. Selain itu guna memenihi kebutuhan tenaga kerja yang terdidik dan murah dijalankan Politik Etis (1901).


Menghadapi perubahan ini Kalangan Tarekat tidaklah menentang adanya kebangunan dan kesadaran berpolitik dan berbangsa yang dimulai dengan membanguin organisasi massa dan po;itik serta ekonomi. Untuk menghadapi tantangan pendidikan Belanda terhadap anak pribumi, kalangan Tarekat mengadakan pembaharuan dengan diterimanya pendidikan pesantren yang selama perang tidak sempat dibangun. Dibidang ekonomi kalangan Terekat menampakkan dukungannya terhadap upaya penciptaan kesejahteraan rakyat. Lebih-lebih menghadapi gerakan politik kalangan Ulama Tarekat mendukung sepenuhnya usaha Pemerintahan Sendiri Self Government.

Menghadapi gerakan Komunis yang akan menyusup dalam tubuh Serikat Islam, para Ulama Tarekat tidak ada seorangpun yang menjadi pendukung ideologi komunis. Di luar Tarekat memang terdapat Haji Misbah yang menjadi pendukung utama gerakan komunis.

Kesertaan Ulama Tarekat terhadap gerakan Nasional tidak hanya memberikan dukungan moril terhadap pimpinan oragnisasi Islam. Tetapi sejak lama para Ulama Tarekat ikut serta menciptakan satu bahasa komunikasi. Semula terpenuhi dengan adanya Aksara Kesatuan dengan menggunakan Huruf Arab Melayu atau Arab Jawi, mulai dikembangkan Bahasa Melayu Pasar. Tetapi dengan adanya kebijakan politik bahasa dari pemerintahan Belanda maka umat Islam mengmbangkan Bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Februari 2013 pukul 21.48

[soundcloud url="http://api.soundcloud.com/tracks/78496523" params="" width=" 100%" height="166" iframe="true" /]

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger