Home » , » Masuknya Agama Islam Ke Nusantara

Masuknya Agama Islam Ke Nusantara

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Kamis, 17 Januari 2013 | 04.28


Untuk dapat memberikan eksplanasi tentang perkembangan Tarekat di Indonesia secara tepat, seperti halnya menelusuri kembali kapan masuknya agama Islam ke Indonesia. Menyangkut berbagai faktor, termasuk dari mana datangnya Islam, bila terjadinya, serta siapa pelakuknya. Daerah mana yang paling awal menerima ajaran Islam. Selain itu, juga cukup membingungkan sejarawan tentang siapa perintisnya. Apakah dari kalangan pedagang saja sebagaimana umumnya penelusuran sejarah Indonesia. Mungkinkah penamaan pedagang itu hanya dilihat dari segi okupasinya. Apakah pedagang tersebut juga sebagai angota Tarekat, atau hanya Mazhab.

Sejarah Dinasti Tang menjelaskan tentang adanya pemukiman Islam di Pantai Barat Sumatera. Selain itu, juga dijelaskan datangya utusan dagang dari Ummayah.[1] Kedua peristiwa sejarah ini dijelaskan terjadi pada tahun 674 M. Dari berita sejarah ini tidak didapatkan informasi yang secara positif tentang adanya Tarekat

Hal ini dapat dipahami karena seperti yang dikemukakan oleh H.M. Zurkani Jahja, Perkembanagn Tarekat Qodiriyah dan Naqsyabandiyah di Dunia Islam, timbulnya gerakan Tarekat pada abad ke-3 H/9 M dank e-4 H/10 M, seperti Al Saqathiyah, Al Tayfuriyah, Al Harrasiyah, Al Nuriyah, dan Al Malamatiyah.[2] Selain itu, bila dalam Sejarah Dinasti Tang tidak melaporkan tentang adanya Tarekat, karena titik perhatiannya lebih ditujukan kepada masalah perdagangannya.




[1] J.C. van Leur, Indonesia Trade and Society, W. van Hoeve, The Hague. Bandung 1955, hal. 111, Thomas Arnold. The Preaching of Islam, 363-364.
[2] H.M. Zurkani Jahja, Perkembanagn Tarekat Qodiriyah dan Naqsyabandiyah di Dunia Islam, memberikan ulasan yang lebih menyeluruh dari berbagai Tarekat yang pernah ada. 

Sumber : Thoroqot Qodiriyyah Naqsabandiyyah, Sejarah, Asal usul dan Perkembangannya
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger