Home » » HIKMAH MALAM KE-24 20-06-2020

HIKMAH MALAM KE-24 20-06-2020

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Senin, 22 Juni 2020 | 02.55

HIKMAH MALAM KE-24
BUDAK, PEDAGANG, DAN PECINTA❤️
Assalamu'alaikum wrwb.
Sahabat yang budiman,
Tujuan daripada manusia diciptakan oleh Alloh Al Kholiq adalah hanya untuk menyembah Alloh semata.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَا لْاِ نْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ
wa maa kholaqtul-jinna wal-ingsa illaa liya'buduun
"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (QS. Az-Zariyat 51: Ayat 56).
Dalam beribadah kepada Alloh, manusia memiliki tingkatan yang berbeda satu sama lain. Ada golongan yang beribadah karena takut akan siksaan Alloh, yaitu neraka. Ada juga golongan yang beribadah karena mengharapkan nikmat dari Alloh, yaitu Surga, dan ada golongan yang beribadah atas dasar cinta, tidak mengharapkan apa-apa, tidak takut neraka juga tidak mengharapkan surga, hanya karena Alloh semata.
Beribadah karena takut, pada tingkat ini, ibadah seseorang ibarat seorang Budak yang taat dan patuh pada Tuannya. Ia patuh dan taat atas segala perintah dan larangan Alloh Subhanahu wa Ta'alaa.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَلَا يَحْزُنْكَ الَّذِيْنَ يُسَا رِعُوْنَ فِى الْكُفْرِ ۚ اِنَّهُمْ لَنْ يَّضُرُّوا اللّٰهَ شَيْــئًا ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ اَ لَّا يَجْعَلَ لَهُمْ حَظًّا فِيْ الْاٰ خِرَةِ ۚ وَلَهُمْ عَذَا بٌ عَظِيْمٌ
wa laa yahzungkallaziina yusaari'uuna fil-kufr, innahum lay yadhurrulloha syai`aa, yuriidullohu allaa yaj'ala lahum hazhzhong fil-aakhiroti wa lahum 'azaabun 'azhiim
"Dan janganlah engkau (Muhammad) dirisaukan oleh orang-orang yang dengan mudah kembali menjadi kafir, sesungguhnya sedikit pun mereka tidak merugikan Allah. Allah tidak akan memberi bagian (pahala) kepada mereka di akhirat, dan mereka akan mendapat azab yang besar."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 176).
Beribadah karena mengharap imbalan, pada tingkat ini, seseorang beribadah kepada Alloh Subhanahu wa Ta'alaa ibarat seorang Pedagang. Ia menjual dagangannya kepada si Pembeli. Hubungan ibadahnya kepada Alloh Subhanahu wa Ta'alaa seperti Jual-Beli. Meskipun semua nikmat itu dari Alloh Subhanahu wa Ta'alaa, namun kalau hamba-Nya menjualnya kepada Alloh, maka Alloh akan membelinya dengan imbalan yang lebih baik, yaitu Surga.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
اِنَّ اللّٰهَ اشْتَرٰى مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْفُسَهُمْ وَاَ مْوَا لَهُمْ بِاَ نَّ لَهُمُ الْجَــنَّةَ ۗ يُقَا تِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيَقْتُلُوْنَ وَ يُقْتَلُوْنَ ۗ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى التَّوْرٰٮةِ وَا لْاِ نْجِيْلِ وَا لْقُرْاٰ نِ ۗ وَمَنْ اَوْفٰى بِعَهْدِهٖ مِنَ اللّٰهِ فَا سْتَـبْشِرُوْا بِبَيْعِكُمُ الَّذِيْ بَايَعْتُمْ بِهٖ ۗ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ
innallohasytaroo minal-mu`miniina angfusahum wa amwaalahum bi`anna lahumul-jannah, yuqootiluuna fii sabiilillaahi fa yaqtuluuna wa yuqtaluuna wa'dan 'alaihi haqqong fit-taurooti wal-ingjiili wal-qur`aan, wa man aufaa bi'ahdihii minallohi fastabsyiruu bibai'ikumullazii baaya'tum bih, wa zaalika huwal-fauzul-'azhiim
"Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual-beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 111).
Beribadah atas dasar cinta, ibadah seseorang kepada Alloh pada tingkat ini, seperti seorang Pecinta yang jatuh cinta pada Kekasih-Nya, ia tak mengharapkan apa-apa. Dengan ibadahnya ia telah merasakan kenikmatan yang luar biasa, ibadahnya ikhlas semata hanya karena Alloh Subhanahu wa Ta'alaa. Dirinya ingin selalu dekat kepada Alloh, ia selalu ingat dan senantiasa menyebut-nyebut Nama Kekasih-Nya, dengan begitu hatinya menjadi tenteram, itu pertanda bahwa ada cinta di dalamnya.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
allaziina aamanuu wa tathma`innu quluubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tathma`innul-quluub
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."
(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 28).
Sahabat,
Beribadah atas dasar cinta kepada Alloh itulah maqom tertinggi dari seorang hamba. Mereka senantiasa bermunajat kepada Alloh :
إِلٰهِي أَنْتَ مَقْصُوْدِيْ وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِي أَعْطِنِي مَحَبَّتَكَ وَمَعْرِفَتَكَ
Ilaahii Anta maqshuudii wa ridhoo-Ka mathluubii, a’thinii Mahabbata-Ka wa Ma’rifata-Ka
Tuhanku Engkaulah yang menjadi maksudku dan keridhoan-Mu yang menjadi pintaku. Berikanlah kepadaku kecintaan dan ma’rifat kepada-Mu.
Sahabat,
Oleh karena itu, kelak di hari kiamat manusia akan terdiri dari tiga golongan, yaitu golongan kiri (ahli neraka), golongan kanan (ahli surga), dan golongan di tengah yang didekatkan kepada Alloh (Al Muqorrobuun).
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَّكُنْـتُمْ اَزْوَا جًا ثَلٰـثَـةً ۗ
wa kungtum azwaajang salaasah
"dan kamu menjadi tiga golongan,
فَاَ صْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ۙ مَاۤ اَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ۗ
fa ash-haabul-maimanati maaa ash-haabul-maimanah
"yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu,"
وَاَ صْحٰبُ الْمَشْئَـمَةِ ۙ مَاۤ اَصْحٰبُ الْمَشْئَـمَةِ ۗ
wa ash-haabul-masy`amati maaa ash-haabul-masy`amah
"dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu,"
وَا لسّٰبِقُوْنَ السّٰبِقُوْنَ ۙ
was-saabiquunas-saabiquun
"dan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga),"
اُولٰٓئِكَ الْمُقَرَّبُوْنَ ۚ
ulaaa`ikal-muqorrobuun
"mereka itulah orang yang dekat (kepada Allah)," (QS. Al-Waqi'ah 56: Ayat 7-11).
Demikianlah, Tafakur Pecinta Kesucian Jiwa
Muhibbiin, 20-06-2020
Mahmud J. Al Maghribaen
Petani Pohon Anti Gempa 108
TQN Ma'had Suryalaya
Keterangan Gambar :
Pangersa Abah Aos dan Petani Pohon Anti Gempa 11 (Prof. Nasarudin Umar/Imam Besar Masjid Agung Istiqlal).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger