Home » » HIKMAH MALAM KE-14 10-06-2020

HIKMAH MALAM KE-14 10-06-2020

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Senin, 22 Juni 2020 | 02.46

HIKMAH MALAM KE-14
ROBITHOH
Robithoh artinya, ikatan atau bertalian kecintaan hati seseorang dengan Tuhannya. Sehingga tercipta ikatan batin dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, secara haqiqi ataupun majazi.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَا بِرُوْا وَرَا بِطُوْا ۗ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan tingkatkan ketabahan serta ber-robithoh-lah (berkaitan hati). Dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 200)
Di antara robithoh adalah, seseorang mengingat kepada orang yang memiliki pengaruh terhadap dirinya, misal; murid dengan guru mursyid, anak dengan orang tua, orang sakit dengan dokter, dll. Seperti robithoh Nabi Yusuf a.s. kepada ayahnya Nabi Ya'qub a.s.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَلَـقَدْ هَمَّتْ بِهٖ ۚ وَهَمَّ بِهَا لَوْلَاۤ اَنْ رَّاٰ بُرْهَا نَ رَبِّهٖ ۗ كَذٰلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّۤوْءَ وَا لْـفَحْشَآءَ ۗ اِنَّهٗ مِنْ عِبَا دِنَا الْمُخْلَصِيْنَ
"Dan sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh, dia (Yusuf) termasuk hamba Kami yang terpilih."
(QS. Yusuf 12: Ayat 24).
Nah kalimat ro-aa burhaana robbihi (melihat tanda-tanda Tuhannya), itulah proses Robithoh. Ketika itu, Nabi Yusuf a.s. yang sangat tampan itu, ketampanan dan kharismanya telah banyak membuat para wanita terpesona bila melihatnya, sehingga ia kemudian digoda oleh seorang istri pembesar yang cantik jelita bernama Zulaikha yang sangat berhasrat kepada Nabi Yusuf a.s., sedang Nabi Yusuf a.s. pun berhasrat pula kepada wanita itu, namun ketika akan berbuat sesuatu, tiba-tiba terbayang wajah ayahnya tercinta Nabi Ya'qub a.s. sampai ia tersentak dan lari menuju pintu keluar.
Nah, proses terbayangnya Nabi Yusuf kepada wajah ayahnya Nabi Ya'qub itulah yang dinamakan proses Robithoh. Ketika itu ia langsung teringat dengan pesan-pesan (ajaran ayahnya), dengan seketika ia takut kepada Alloh Swt. kemudian lari keluar, dan akhirnya ia pun selamat dari perbuatan keji, bujuk rayu, dan godaan dari pada syetan.
Dalam sebuah hadits dari Abu Huroiroh ra, Rosululloh saw bersabda:
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ يَمِينُهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
Ada tujuh golongan yang dalam naungan Alloh pada hari yang tidak ada tempat bernaung, kecuali naungan-Nya (hari kiamat), yaitu :
1. Pemimpin yang adil.
2. Pemuda yang giat beribadah kepada Alloh.
3. Orang yang berdzikir kepada Alloh di tempat yang sunyi sampai air matanya mengalir karena rasa takutnya kepada Alloh.
4. Orang yang hatinya selalu terkait (terikat) dengan masjid saat ia keluar sampai kembali lagi masuk ke masjid.
5. Orang yang bershodaqoh dengan sembunyi-sembunyi sehingga orang lain yang ada di kanan-kirinya tidak mengetahuinya.
6. Dua orang yang saling mencintai karena Alloh, maka mereka berkumpul dan berpisah semata-mata karena Alloh.
7. Lelaki yang diajak berbuat mesum (berzina) oleh wanita cantik, tetapi ia menolaknya dengan berkata: "Aku takut kepada Alloh.”
(HR. Bukori).
Untuk tahu siapa Zulaikha pada akhirnya, lihat link : https://www.boombastis.com/zulaikha-wanita-cantik/87050
Hikmah Malam ke-14
Mahmud J. Al Maghribaen
Petani Pohon Anti Gempa 108
TQN Ma'had Suryalaya
MJ🍒
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger