Home » » HIKMAH MALAM KE-18 14-06-2020

HIKMAH MALAM KE-18 14-06-2020

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Senin, 22 Juni 2020 | 02.50

HIKMAH MALAM KE-18
KETETAPAN ALLOH
Sahabat yang budiman,
Sesungguhnya segala sesuatu itu telah ditetapkan oleh Alloh, Al Mugtadir wal Hakam. Susah, senang dan bahagia, pertemuan dan perpisahan, selamat, sengsara, dll. semua sudah menjadi ketetapan-Nya.
Tidak ada istilah Kebetulan, karena semuanya memang Betul.
Semua kejadian segala sesuatu adalah Irodat-Nya, termasuk ketetapan siapa hamba-hamba-Nya yang dijauhkan dari Neraka.
Alloh Subhanahu wa Ta'alaa berfirman:
ุงِู†َّ ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุณَุจَู‚َุชْ ู„َู‡ُู…ْ ู…ِّู†َّุง ุงู„ْุญُุณْู†ٰูۤ‰ ۙ ุงُูˆู„ٰุٓฆِูƒَ ุนَู†ْู‡َุง ู…ُุจْุนَุฏُูˆْู†َ ۙ
innallaziina sabaqot lahum minnal-husnaaa ulaaa`ika 'an-haa mub'aduun
"Sungguh, sejak dahulu bagi orang-orang yang telah ada (ketetapan) yang baik dari Kami, mereka itu akan dijauhkan (dari neraka)."
(QS. Al-Anbiya 21: Ayat 101)
ู„َุง ูŠَุณْู…َุนُูˆْู†َ ุญَุณِูŠْุณَู‡َุง ۚ ูˆَู‡ُู…ْ ูِูŠْ ู…َุง ุงุดْุชَู‡َุชْ ุงَู†ْูُุณُู‡ُู…ْ ุฎٰู„ِุฏُูˆْู†َ ۚ
laa yasma'uuna hasiisahaa, wa hum fii masytahat angfusuhum khooliduun
"Mereka tidak mendengar bunyi desisnya (api neraka) dan mereka kekal dalam (menikmati) semua yang mereka inginkan."
(QS. Al-Anbiya 21: Ayat 102).
Nabi Muhammad Sholallohu 'alaihi wa sallam, bersabda :
ูَู‚َุงู„َ « ู…َุง ู…ِู†ْูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ุฃَุญَุฏٍ ุฅِู„ุงَّ ูˆَู‚َุฏْ ูƒُุชِุจَ ู…َู‚ْุนَุฏُู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุฑِ ูˆَู…َู‚ْุนَุฏُู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ » . ู‚َุงู„ُูˆุง ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَูَู„ุงَ ู†َุชَّูƒِู„ُ ุนَู„َู‰ ูƒِุชَุงุจِู†َุง ูˆَู†َุฏَุนُ ุงู„ْุนَู…َู„َ ู‚َุงู„َ « ุงุนْู…َู„ُูˆุง ูَูƒُู„ٌّ ู…ُูŠَุณَّุฑٌ ู„ِู…َุง ุฎُู„ِู‚َ ู„َู‡ُ ، ุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุณَّุนَุงุฏَุฉِ ูَูŠُูŠَุณَّุฑُ ู„ِุนَู…َู„ِ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุณَّุนَุงุฏَุฉِ ، ูˆَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุดَّู‚َุงุกِ ูَูŠُูŠَุณَّุฑُ ู„ِุนَู…َู„ِ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุดَّู‚َุงูˆَุฉِ » . ุซُู…َّ ู‚َุฑَุฃَ ( ูَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุฃَุนْุทَู‰ ูˆَุงุชَّู‚َู‰ * ูˆَุตَุฏَّู‚َ ุจِุงู„ْุญُุณْู†َู‰ )
"Tidak ada seorangpun dari kalian melainkan telah dituliskan tempatnya dari neraka dan tempatnya dari surga”. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, kenapa kita tidak bersandar atas takdir kita saja dan meninggalkan amal?”, beliau menajwab: “Beramallah kalian, karena setiap sesuatu dimudahkan atas apa yang telah diciptakan untuknya, siapa yang termasuk orang yang ditakdirkan bahagia, maka akan dimudahkan untuk mengamalkan amalan penghuni surga, adapun siapa yang ditakdirkan termasuk dari dari orang yang dikadirkan sengsara, maka ia akan dimudahkan untuk mengamalkan amalan penghuni neraka”. (Al Hadits).
SEBUAH KETETAPAN
Manqobah Ke-40 : Abdul Qodir Diberi Buku Untuk Mencatat Murid-Muridnya Sampai Hari Kiamat
Diriwayatkan di dalam kitab "Bahjatul Asror", Syaikh Abdul Qodir pernah berkata: “Aku diberi sebuah buku yang luasnya sejauh mata memandang untuk menuliskan nama-nama muridku sampai hari kiamat. Semua murid itu telah Alloh berikan Kepadaku dan telah menjadi milikku. Aku pernah bertanya Kepada malaikat Malik, “Apakah ada dalam neraka, muridku dan sahabat-ku?” Malaikat Malik menjawab: “ tidak ada.”
Syaikh berkata: "Aku bersumpah, demi kemuliaan Tuhanku. Tanganku atas murid-muridku seperti langit menutup bumi. Andaikan murid-muridku itu buruk, maka akulah yang baik. Dan aku bersumpah, demi Keagungan dan Kemuliaan Tuhanku, dua telapak kakiku tidak akan bergeser dihadapan Tuhan kecuali sudah mendapat keputusan bahwa aku bersama-sama muridku yang masuk surga”
Lebih lanjut beliau bersabda: “Tanganku tidak akan lepas dari kepala murid muridku, walaupun aku sedang ada di timur dan muridku ada di barat, lalu muridku itu tersingkap auratnya, maka tanganku akan segera menutupinya. Demi Keagungan dan Kemuliaan Tuhanku, pada hari kiamat aku akan berdiri tegak di hadapan gerbang pintu neraka, sekali lagi aku tidak akan bergeser sebelum muridku masuk surga karena Alloh Yang Maha Kuasa telah menjanjikanku bahwa murid-muridku tidak akan dimasukan ke dalam neraka. Barang siapa yang berguru serta mahabbah kepadaku, pasti aku menghadap kepadanya, bahwa mereka dan Malaikat Munkar Nakir telah berjanji kepadaku, bahwa mereka tidak akan menakut-nakuti murid-muridku.”
Sahabat,
Itulah ketetapan Alloh Yang Maha Menetapkan, Ketetapan untuk hamba pilihan-Nya.
Alhamdulillaah, semoga kita diakui sebagai murid Tuan Syekh.
Murid ialah yang Mengerjakan Perintah Gurunya, itulah Murid.
Wassalam,
Mahmud J. Al Maghribaen
Petani Pohin Anti Gempa 108
TQN Ma'had Suryalaya
Murid,
MJ๐Ÿ’
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger