Home » » MAKLUMAT DARI ISTANBUL TURKY HARI KE-8

MAKLUMAT DARI ISTANBUL TURKY HARI KE-8

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Selasa, 28 Oktober 2014 | 20.21

Hari-8, Selasa, 28-10-'14 :
ISTANBUL-ABU DHABI-JAKARTA
# Maklumat Abah Aos
Al Fatihah ke-4 Khotaman atau Tawassul, kalimat "Wa Muslimin wa Muslimatin" DICUKUPKAN (tidak digunakan). Sehingga menjadi :
" ... wa ila arwahi kulli waliyyin wa waliyatin, min masyariqil ardhi...).
- Pukul 04.00, Musholla Hotel Hilton :
Kami berkumpul seperti biasa untuk melaksanakan sholat Subuh berjamaah dan amaliyah-amaliyah lainnya. Manaqib pagi ini adalah manaqib ke-9 sekaligus yang terakhir pada perjalanan Safari Manaqib Turkey 2014.
- Pukul 08.30 : kami bergerak meninggalkan hotel menuju bandara. Searah dengan bandara, kami singgah dahulu di HAGIA SOPHIA.
Hagia Sophia, bahasa Arab: آيا صوفيا ,bahasa Turki: Aya Sofya ("Kebijaksanaan Suci"), adalah sebuah bangunan bekas basilika, masjid, dan sekarang museum, di Istanbul.
Saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II pada hari Selasa 27 Mei 1453 dan memasuki kota itu, Mehmed II turun dari kudanya dan bersujud syukur kepada Allah, lalu pergi ke Gereja Hagia Sophia dan memerintahkan mengubahnya menjadi masjid yang dikenal dengan Aya Sofia. Jumatnya langsung diubah menjadi masjid untuk salat Jumat. Selama hampir 500 tahun Hagia Sophia berfungsi sebagai mesjid. Patung, salib, dan lukisannya sudah dicopot atau ditutupi cat.
Pada tahun 1937, Mustafa Kemal Atatürk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum. Mulailah proyek "Pembongkaran Hagia Sophia". Beberapa bagian dinding dan langit-langit dikerok dari cat-cat kaligrafi hingga ditemukan kembali lukisan-lukisan sakral Kristen.
Sejak saat itu, Gereja dan Masjid Hagia Sophia dijadikan salah satu objek wisata terkenal oleh pemerintah Turki di Istambul. Nilai sejarahnya tertutupi gaya arsitektur Bizantium yang indah mempesona.
Didalam Hagia Sophia terdapat surat-surat dari khalifah Utsmaniyah yang berfungsi untuk menjamin, melindungi, dan memakmurkan warganya ataupun orang asing pembawa suaka. Terdapat sekitar 10.000 sampel surat yang ditujukan maupun yang dikeluarkan kepada kholifah.
Dari Hagia Sophia Abah Aos & Rombongan diantar ke bandara untuk penerbangan ke Jakarta via Abu Dhabi pukul 14.05 waktu setempat.
Kejutan muncul kembali di akhir perjalan kami saat hendak tiba di bandara, ternyata sopir bis yang selama di Turkey mengantar kami bernama Ibrahim!! (lihat catatan @Bandara Abu Dhabi, 21-10-'14, Pukul 06.34 waktu setempat / 09.34 WIB. (Sholat Sunah "Syukur Ni'mat) dan catatan angka 34)
Inilah perjalanan penuh kemuliaan, penuh kebarokahan. Inilah perjalanan yang bukan sekedar jalan-jalan memanjakan diri dengan pemandangan-pemandangan indah dan makanan-minuman khas Turkey, namun perjalanan ruhani, riyadhoh, penggemblengan spiritual juga perjalanan menikmati 'hidangan-hidangan' hati berupa Khoriqul 'Adat dan lainnya.
Syukur kami setinggi Suryalaya, sedalam Sirnarasa dan seluas Jagat Arsy. Terima kasih Abah, terima kasih semuanya, Al Fatihah..
(Bandara Abu Dhabi, 22.15 waktu setempat)

Sumber : KH. Irfan Zidny, Wakil Talqin Abah Aos.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger