Home » » Profil Prof. DR. Asep Usman Ismail (Wakil Talqin)

Profil Prof. DR. Asep Usman Ismail (Wakil Talqin)

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Kamis, 14 November 2013 | 00.33

DR. Asep Usman Ismail, M.A., adalah dosen tetap Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam mata kuliah Tasawuf dan Tafsir untuk Masalah-masalah Sosial. 


Lahir di Sukabumi, 20 Juli 1960. Meraih gelar sarjana dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab IAIN Jakarta, 1987, dan mengikuti Program Pascasarjana IAIN Jakarta 1993, lulus 1995, dan meraih gelar doktor pada perguruan tinggi yang sama 2001 dengan disertasi berjudul “Kewalian Dalam Tasawuf Pandangan Al-Hakim al-Tirmidzi dan Ibn Taymiyyah”. Pernah menjadi Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam  Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2002-2006.


Menulis buku “Ensiklopedi Mini Sejarah Kebudayaan Islam” (Jakarta: Logos, 1996), “Menguak Yang Gaib: Khazanah Kitab Kuning” (Jakarta: Hikmah, 2001), Menulis bidang tasawuf pada Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Jilid III,  (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2002). Menterjemahkan buku karya Prof. Dr. Hasan Hanafi,  “Min al-‘Aqîdah ila al-Tsawrah”, Dari Akidah ke Revolusi, (Jakarta; Paramadina, 2003), “Apakah Wali Itu Ada?, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), Menyumabangkan tulisan berjudul: “Perspektif Al-Qur`an tentang Perlindungan Anak dan Fakir Miskin dalam Pengembangan Masyrakat” dalam Kusmana (ed) Bungai Rampai Islam dan Kesejahteraan Sosial, (Jakarta: UIN Press, 2006); Menulis Bab Pendahuluan pada buku “Pengembangan Komunitas Muslim di Kampung Badak Putih dan Kampung Satu Duit”, (Jakarta: Dakwah Press, 2007); dan menjadi editor buku “Pengamalan Al-Qur`an tentang Pemberdayaan Masyarakat”, (Jakarta: Dakwah Press, 2008); Penulis serta Wakil Pemimpin Redaksi dan Penanggung Jawab Penyusunan Ensiklopedi Tasawuf, (Bandung: Penerbit Angkasa, 2009).  Menulis buku “Perspektif Al-Qur`an tentang Masalah Kesejahteraan Sosial (Jakarta: Gramedia, 2011) dan Menjadi Pribadi Mulia, Peduli dan Berbagi: Perspektif Tasawuf tentang Pengembangan Diri (Jakarta: Gramedia, 2011).

Mengikuti McGill Short Course in Community Organizing di Monteral Canada Juni 2004. Menjadi Ketua Program Community Action Pilot Project (CAPP) di Desa Bojong Indah, Parung Bogor 2003-2007 dan menjadi Ketua Program Islamic Community Development Model di Kampung Badak Putih, Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat, menjadi Anggota Tim Penyusun Tafsir Tematik Departemen Agama RI sejak 2007 hingga kini, serta menjadi anggota Tim Penelitian “Re-edukasi Mantan Narapidana Teroris”, 2009, kerja sama Pusat Studi Al-Qur`an dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Anggota Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur`an, Jakarta.

Get this free plugin from FreeCSS3Templates.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger