Home » , » Definisi Ulama

Definisi Ulama

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Rabu, 20 Oktober 2010 | 19.00

Ulama
Ulama ialah orang yang berilmu dan istiqomah dalam mengamalkannya. Walaupun orang tersebut hanya memiliki ilmu yang sedikit, kalau ia istiqomah mengamalkan maka ia dapat digolongkan ulama. Jadi seorang ulama tidak mesti Sarjana lulusan perguruan tinggi Islam misalnya, atau mesti tergabung dalam Majelis Ulama, atau mesti bergelar LC, DR, Drs, Kyai, Syaikh, dll.
Pernah dalam suatu kesempatan seorang Kyai menyampaikan : "Saya pernah melakukan perjalanan dari ujung Jawa Barat (Banten red) sampai dengan Ujung Madura, saya berkunjung dan berhenti di setiap tempat-tempat bersejarah yang ada di sepanjang tanah Jawa. Pada tempat-tempat tersebut hanya sedikit saya menemukan Kitab, bahkan dapat dihitung dengan jari. Artinya ulama-ulama terdahulu secara ilmiah mereka kurang, tetapi kenapa ulama-ulama tersebut mampu meng-islam-kan tanah jawa, bahkan Indonesia??? Kalau dibandingkan dengan ulama yang ada sekarang, yang ada di Jawa Barat saja tidak kurang dari 5000 ulama, tetapi kenapa untuk ‘mengatur’ umat yang sudah Islam saja susah (tidak bisa)??? apakah mereka kurang pintar??? Anda datang saja ke rumah seorang Ustad, anda akan menjumpai kitab-kitab mereka sampai lima lemari". (KH. Zezen Bazul Asyhab).
Pernah juga seorang ulama berkunjung ke Indonesia, beliau berkata : "Ulama di Indonesia banyak, tetapi yang ada ‘cahaya’ hanya sedikit, bahkan tak lebih dari jari-jari tangan saya. Ulama ibarat ‘lilin’, walaupun ‘lilin’ tersebut besar seperti pohon kelapa, kalau ia tidak bercahaya, maka ia tidak akan mampu untuk menyinari, sebaliknya walaupun "lilin" tersebut kecil namun ia hidup (bercahaya) maka ia akan mampu memberikan penerangan pada sekitarnya…" (Sayikh Nazim Al Haqqani).
Jadi dapatlah dikatakan bahwa, seseorang itu ulama manakala ia memiliki ilmu tentang agama, mampu menuntun orang ke jalan yang diridhoi Allah SWT, berakhlaq yang baik, sempurna lahirnya (cara berpakaian), menjaga perbuatan (menjalankan syariat), sempurna bathinnya (rendah hati, menghormati, pengasih, penyayang pada sesama), menjaga lisan (selalu bicara yang baik), dapat mencontohkan (bilhal).
Nah ketika seseorang yang kita temui memiliki kriteria tersebut maka ia-lah WAROSATUL AMBIYA (ulama penerus Nabi), terlepas apakah dia seorang dari ‘golongan’ sufi, atau bukan. Sabda rosullullah SAW " Sebaik-baiknya manusia ialah, apabila kamu melihat ia, maka akan ingat kepada Allah SWT, apabila kamu mendengar ia berbicara, maka akan menambah ilmu bagimu, dan apabila kamu melihat ia beribadah, maka akan gemarlah kamu akan akhirat". Wallaahu’alam bishshawab

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger