Home » » Bak Menggarami Laut di Lautan Tanpa Tepi

Bak Menggarami Laut di Lautan Tanpa Tepi

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Selasa, 25 Februari 2014 | 07.01

Dahulu sewaktu pengersa Abah Anom masih ada di dunia, banyak orang para muridnya bertanya-tanya, "Siapakah kelak yang akan menjadi penerus beliau, jika kelak beliau wafat?
Pada waktu itu, jauh sebelum beliau wafat, menurut saya setidaknya ada sebelas orang wakil talqin yang masih hidup, dari delapan puluh sembilan wakil talqin muridnya pengersa abah Anom yang lebih menonjol dari yang lainnya, ialah : 
  1. H. Ali bin Haji Mohammed (Wakil Talqin) dari Singapore.
  2. Hj. Mohd. Zuki As Syujak bin Syafie (Wakil Talqin) dari Malaysia.
  3. KH. Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul (Wakil Talqin) dari Ciamis.
  4. KH. Zaenal Abidin Anwar (Wakil Talqin) dari Suryalaya.
  5. KH. Zainal Abidin Bazul Asyhab (Wakil Talqin) dari Sukabumi
  6. Prof. Dr. Juhaya S. Praja (Wakil Talqin) dari Bandung.
  7. KH. Arief Ikhwanie AS (Wakil Talqin) dari Bandung.
  8. Drs. H. Wahfiudin MBA. (Wakil Talqin) dari Jakarta.
  9. Prof. Dr. H. A. Tafsir, MA (Wakil Talqin) dari Bandung
  10. KH. Muhammad Sholeh (Wakil Talqin) dari Jakarta.
  11. KH. Moch. Ali Hanafiah (Wakil Talqin) dari Surabaya.
Dari sebelas orang wakil talqin tersebut yang paling menonjol kelebihannya dibanding dengan yang lainnya, ialah Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul al Qodiri an-Naqsyabandi r.a. Kelebihan-kelebihannya sbb :
  1. Masih hidup hingga saat ini (syaikhul hayyi).
  2. Murid generasi awal, sejak tahun 1968.
  3. Selalu bersama-sama Abah Anom.
  4. Menguasai ilmu-ilmu agama yang luas.
  5. Mewarisi ilmu dan amaliah mursyid.
  6. Produktif menulis kitab (buku).
  7. Setia, menjadikan gurunya, satu-satunya figur sebagai panutan pada zamannya.
  8. Selalu berjuang untuk mengagungkan ajaran gurunya.
  9. Digemari oleh murid-murid.
  10. Istiqomah.
Nah, dari beberapa kelebihan-kelebihan tersebut maka tidaklah heran jika sejak pengersa abah Anom masih hidup pun, bahwa tentang siapa yang menjadi calon penerus beliau kelak sebenarnya sudah mulai terlihat, yakni mengarah kepada pengersa abah Aos. Hal ini ditandai dengan banyaknya ikhwan bertanya kepada belaiu tentang siapakah nanti yang akan menjadi penerus pengersa abah Anom? Dan terhadap pertanyaan ini, beliau dengan tegas menjawab, bahwa "penerus pengersa abah pasti ada, siapa? yaitu pasti muridnya.”

Sekali lagi, keyakinan bahwa pengersa abah Aos sebagai penerus pengersa abah Anom sebenarnya sudah banyak diyakini oleh para ikhwan, namun karena banyaknya birokrasi diseputar pengersa abah Anom, seperti instrumen yayasan misalnya, lembaga kepesantrenan, dll. Keberadaan birokrasi tersebut lah yang membuat keyakinan tersebut sedikit memudar mengingat betapa sulitnya menembus hirarki Pondok Pesantren Suryalaya. Keraguan-keraguan itu kemudian muncul, seperti; apakah ajengan Gaos mampu menembus hirarki pondok pesantren Suryalaya? dan apakah ajengan gaos mampu dikenal banyak kalangan seperti pengersa Abah Anom?

Pasca kepergian pengersa abah Anom, pertanyaan serupa "Siapakah penerus Abah anom?" semakin menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat, terutama para ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Mengapa?, sebab pengersa abah Anom tidak meninggalkan pesan sebagai bukti otentik tentang siapa yang menjadi penerusnya sebagai Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang ke 38. Pertanyaan tersebut tidak ada yang mampu menjawabnya, kecuali pengersa Abah Aos sendiri. Akhirnya setelah setelah beberapa bulan berjalan, akhirnya pertanyaan tersebut terjawab sudah dengan pernyataan-pernyataan Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul al Qodiri an-Naqsyabandi ra. 

Berikut ini jawaban-jawaban beliau, baik tersirat maupun tersurat, sbb:
  1. Sejak tahun 1957 sudah diminta oleh pengersa Abah Anom kepada Ibunda beliau, Hj. Siti Muslihah.
  2. Sejak tahun 1968 sampai tahun 1973 (lima tahun) setiap hari berjalan kaki dari Panjalu ke Suryalaya untuk berguru kepada pengersa Abah Anom.
  3. Selama tujuh tahun, setiap malam duduk disamping kiri pengersa Abah Anom. Baru berhenti setelah di ijazahkan secara simbolis berupa sebuah cicin batu akik dari Abah Anom.
  4. Pada tahun 1989 disaksikan beberapa ikhwan pengersa Abah Anom penepuk pundak beliau dengan mengucapkan penggalan ayat Al-Quran Surat Al-Baqoroh, ayat 247.
  5. Mendapatkan perintah dari pengersa abah Anom, "Goreskan itu Manaqib".
  6. Mendapat perintah dari pengersa abah Anom, "kembangkan manaqib, itu program abah".
  7. Mendapat perintah untuk berdakwah sebagai Panglima dari pengersa Abah Anom.
  8. Mendapat restu dari Abah Anom, “Abah mah kumaha ceuk Aos. Ceuk Aos “A”, A. Ceuk Aos “B”, B.
  9. Perintah pengersa Abah Anom, "tuturkeun aos".
  10. Diharapkan oleh pengersa Abah Anom, "aos mah kudu didie".
  11. Mendapat perintah dari pengersa abah Anom, "amalkan, amankan, lestarikan TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Kalau bukan kita siapa lagi?"
Dengan jawaban dari beliau ini, bagi ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya sudah sangat jelas siapa yang menjadi penerus pengersa Abah Anom, Syekh Ahmad Shohibulwafa' Tajul Arifin r.a. sebagai Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang ke 38, sebagai mana sayapun mengakui beliau sejak 22 Agustus 2013 yang say tuangkan dalam tulisan “Cahaya Yang Tak Pernah Padam”, pengakuan ini berdasarkan perenungan saya sebelumnya yang saya tuangkan dalam tulisan, “Perjalanan Murid Mengenali Gurunya” dan juga berdasarkan kesaksian saya, yang saya tulis dalam, “Kesaksianku Untuk Dia”.
Karomah pengersa abah Aos, banyak sekali, yang menandakan kebenaran beliau, diantaranya :
  1. Mampu mengamalkan, mengamankan, dan melestarikan ajaran TQN Pondok Pesantren Suryalaya sendiri, dengan dibantu salah seorang wakil talqin pengersa abah Anom.
  2. Mampu membimbing dan meningkatkan amal ibadah muridnya, baik secara kuantitas dan kualitas.
  3. Mampu menghadapi rintangan yang menghambat baik yang datang dari para ikhwan, wakil talqin, dan ahlul bait.
  4. Mampu melaksanakan manaqib di masjid-masjid raya di Indonesia.
  5. Mampu mengadakan manaqib di masjid-masjid jami' Internasional.
  6. Diterima di madrasah tuan Syekh Abdul Qodir al Jailani q.s. di Baghdad Iraq sebagai Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya.
  7. Mendapat pengakuan sebagai murid Syekh Abdul Qodir al Jailani q.s. dari pewaris Madrasah beliau yaitu Syaikh Hashimuddin al Jailani r.a. dan menadapat gelar Al Qodiri.
  8. Mendapat kunjungan kehormatan dari cucu ke 25 tuan Syekh Abdul Qodir al Jailani q.s. yaitu Syaikh Muhammad Fadil al Jajilani r.a. (penyusun kitab tafsir abdul qodir jailani) dan mendapat pengakuan Mursyid Kamil Mukammil.
  9. Mendapat kunjungan kehormatan dari cucu tuan Syekh Abdul Qodir al Jailani q.s. yaitu Syaikh Afeefuddin al Jailani r.a. Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah di Malaysia, dan mendapat gelar An-Naqsyabandi.
  10. Mendapatkan pengakuan dari para tokoh di pemerintah dan kalangan profesional, diantaranya; H. Dahlan Iskan (Menteri BUMN), yang mengatakan, "saya adalah timba yang mencari sumur, sumur itu adalah pengersa abah Aos", Prof. DR. Nasaruddin Umar MA (Wakil Menag/Wk. Talqin), yang mengatakan "membela abah Aos sama dengan membela abah Anom", Prof. DR. Asep Usman Ismail (Dosen UIN Jakarta/Wk. Talqin) yang mengatakan, "mursyid itu estafeta, abah Aos sebagai penerus abah Anom sudah tepat", dan Dr. (HC) Ary Ginanjar (Owner ESQ/Wk. Talqin), yang mengatakan, "saya datang kesini bukan untuk ceramah, tetapi untuk belajar kepada pengersa Abah Aos".

Namun demikian, ternyata masih ada golongan ikhwan yang ibarat, "Bak menabur garam di lautan tanpa tepi". Siapa golongan tersebut, ialah sebagaimana yang saya tulis di, “Strategi Di Atas Para Raja”.

Dikutip Februari 2014
Masih ada saja yang berpikiran "rasionalisme" yang menganggap "Imitasi" bahkan menginginkan TQN Pondok Pesantren Suryalaya dibelah dua menjadi TQN Sirnarasa.
Terhadap tuduhan ini, Abah Aos menjawab, "Dalam tanbih, jangan timbul keretakan, retak saja tidak boleh apalagi dibelah! maka yang menginginkan TQN Pondok Pesantren Suryalaya dibelah itu, adalah penghianat tanbih. Tidak ada TQN Sirnarasa, yang ada hanya TQN Pondok Pesantren Suryalaya, karena di dalam tanbih, “Pun kami tempat orang bertanya tentang thoriqoh qodiriyyah wa naqsyabandiyah pondok pesantren suryalaya."

http://4.bp.blogspot.com/-eUhPvFI7lOM/UwyJguFctzI/AAAAAAAAAY4/zoospVIHdbY/s1600/wahfiudin.png
                                  Dikutip Februari 2014

Bahkan dengan nafsunya ia berani mengatakan :
  • "Sehingga banyak orang terbawa tanpa sadar". à  Inilah yang saya katakan "bak menggarami laut", bagaimana mungkin saya yang menjalani koq orang lain yang merasakan?
  • "Memancing ikan di akuarium tetangga, karena sang pemilik bisa marah, lebih baik memancing di lautan tanpa tepi". à Bagaimana mungkin dapat menghakimi para murid pengamal TQN Pondok Pesantren Suryalaya dikatakan tetangga sebelah?
  • "... selain faktor wilayah (kewalian dari langit) juga faktor khilaafah (kepemimpinan, organisasi, dan manajemen). Apabila kedua faktor itu menyatu, maka tak ada lagi yang dapat merintangi". à Bagaimana mungkin meragukan kekuasaan Alloh, apakah tidak cukup dipahami itu sudah ketentuan Alloh (dari langit) saja?
  • ".....banyak tarekat-tarekat yang hanya dijadikan batu pijakan oleh para broker politik...". à Bagaimana mungkin bisa berprasangka buruk seperti demikian, bukankah pengersa Abah Anom telah mengajarkan untuk senantiasa menjalin hubungan dengan Pemerintah termasuk juga dengan Partai Politik?
http://3.bp.blogspot.com/-IYpvSWUN6Z8/UwyPE6-XXlI/AAAAAAAAAZE/KuFVUlWU3sg/s1600/wahfi.png
                                                Dikutip Februari 2104
  • "....pertanyaannya : bagaimana jika apa yang telah diajarkan oleh gurunya terdahulu (guru yang kamil mukammil adalah pelajaran yang sudah sempurna, masihkah diperlukan penambahan? à Bagaimana mungkin menganggap tidak perlu lagi menambah kualitas dan kuantitas ibadah?, Bagaimana mungkin mengganggap bahwa pintu kewalian telah tertutup?
Dan yang sangat membuat saya terkejut, adalah ketika saya akan melihat kembali jalinan silaturahim di sosial media facebook, ternyata saya sudah di remove dari pertemanan olehnya. Masya Alloh, hanya karena saya berbeda pendapat dan menyarankan kepada beliau (yang juga sebenarnya saya kagumi) sbb :
  1. Berbaiksangkalah terhadap isu politik.
  2. Menegaskan Kemursyidan pengersa Abah Aos sebagai penerus abah Anom.
  3. Menyarankan agar membuat status yang lebih bijak dan bersikap seperti para wakil talqin yang lainnya.
  4. Menyarankan agar berkarya nyata sebagaimana pengersa Abah Aos mengadakan manaqiban di masjid Istiqlal dengan menggandeng para tokoh nasional dan internasional.
  5. Saya nerpendapat bahwa, beliau dulu tidak seaktif seperti sekarang ini.
http://1.bp.blogspot.com/-z8aLFSFT7Fc/UwyRfKLIdYI/AAAAAAAAAZY/zp6azxTp-FE/s1600/wah.pngLebih terkejut lagi saya ketika melihat komentar :



                                                Dikutip Februari 2014
  • "Bila ada yang berkomentar jahat, hapus saja komentar itu. Yang bersangkutan pun di unfriend saja, karena dia memang tidak berniat untuk menjadi friend. Kehadirannya hanya untuk mengintip-intip (tajassus)". à Bagaimana mungkin menghakimi bahwa orang yang berniat memberi nasihat/berbeda pendapat langsung divonis jahat dan tajassus? Apakah tidak menyadari siapa tahu orang tersebut memang berniat baik untuk menjalin silaturahmi walau hanya lewat facebook? Apakah tidak menyadari kalau orang tersebut barangkali dapat memetik hikmah darinya dengan jalinan silaturahmi di facebook?
Almukarrom al Ustadz Wahfiudin, saya friend dengan bapak jauh sebelum saya mengakui kemursyidan Abah Aos. Sejak dahulu saya sesungguhnya mengagumi dan membanggakan bapak, bahkan kami di wilayah Tangerang pernah sangat bangga atas kehadiran bapak di majelis manaqib memenuhi undangan dari yayasan,  pada waktu itu bapak mengatakan, "yang namanya manaqib tidak ada istilah diundang, tapi kewajiban untuk menghadirinya.”

Bahkan merupakan kebangaan saya juga kepada bapak, sehingga tentang bapak saya masukkan ke dalam blog pribadi saya, ini membuktikan bahwa saya termasuk salah seorang yang mengagumi bapak.

Tapi, ya sudahlah... saya teringat kata orang bijak, "terkadang tanpa kita sadari atas sikap kita itu dapat terlihat sesungguhnya kita berada di maqom apa?, dan ada kalanya orang itu tidak tersohor di penghuni bumi, namun ia sangat tersohor di penghuni langit, sebaliknya ada kalanya orang itu sangat tersohor di penghuni bumi, namun ia tidak tersohor di penghuni langit". Wallaahu'alam Bishshowab.


Mohon maaf, tulisan ini tidak bermaksud apa-apa, namun semata hanya karena dorongan yang kuat yang berasal dari hati. Haadanalloh wa iyyakum ajma'in, wassalamu'alaikum wr. wb.


Share this article :

+ komentar + 17 komentar

12 September 2015 pukul 19.27

Aslamu alaikum salam suryalaya...apakah masih bisa jadi mursid ..kbar terakhir september 2015 ajengan gaos telah diberhentikan dari tugasnya wakil talqin tqn suryalaya ..terimaksih sebelumnya .dan kami tunggu oencerahanya..

12 September 2015 pukul 19.27

Aslamu alaikum salam suryalaya...apakah masih bisa jadi mursid ..kbar terakhir september 2015 ajengan gaos telah diberhentikan dari tugasnya wakil talqin tqn suryalaya ..terimaksih sebelumnya .dan kami tunggu oencerahanya..

17 November 2015 pukul 21.22

Wa'alaikumsalam, apakah masih bisa jadi Mursyid? Jawab, bisa! bahkan sudah jadi Mursyid. Bukan diberhentikan tetapi tidak diakui, karena yang berhak memberhentikan beliau sebagai wakil talkin Abah Anom, adalah Anom! Dan Faktanya Beliau (Abah Aos) sekarang diakui sebagian besar murid-murid sebagai Mursyid (bukan sebagai wakil talkin), sebab yang diwakili sudah kembali pulang ke Rohmatulloh. Semoga dapat dipahami...

20 November 2015 pukul 06.45

Assalamu`alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
Siapapun punya hak masing2 mau ikut dan percaya pada ajengan gaos atau tetap ikutin maklumat dari pusat.
Jadi kesimpulannya amalan anda ya buat anda..amalan aku ya buat aku...
Hati akal kita itu masih kotor..jadi yg utama amalkan saja yg sungguh2 apa yg di yakini yg sudah di ijazahkan..
Lagian ajengan gaos sendiri pernah ngomg di salah 1 managib di bekasi..klu sulton aulia mursid kamil mukamil masih abah 46 tahun lagi..itu dulu ajengan gaos ngomg gtu.
Adapun gelar yg pangersa abah kasih pedang yg terhunus sebagaimana yg di gembor2an para pengikutnya..tafsirkan yg teliti..setelah Rasulullah meninggal apa khalid bin walid yg jadi khalifah..

5 Februari 2016 pukul 05.08

@Nur moh sidiq

Wa'alaikum salam,
Betul, hak masing-masing maka untuk itu : Jangan membenci kepada Ulama yang sezaman; Jangan menyalahkan pengajaran orang lain; Jangan memeriksa murid orang lain.

Soal Gelar Saefulloh Maslul, baiknya anda tanyakan ke pengersa Abah Anom, kemudian anda renungkanlah dengan seksama...

25 Mei 2016 pukul 00.24

Bisa,sekarang abah gaos bukan lg wakil talqin tapi abah adalah mursid kamil mukamil.silsilah ke 38.tqn suryalaya.

23 Agustus 2016 pukul 11.44

Saya bingung abah gaos itu pesantren suryalaya, cisirri, apa jagad arasy????

20 Maret 2017 pukul 09.15

silahkan berpendapat asal jangan saling menghujat..

6 Juni 2017 pukul 11.28

Saya sangat berharap para murid mengikuti maklumat dari pusat, karena mereka bukan bertindak atas nama pribadi tetapi atas nama Abah Anom sendiri.Jika ada yang bertindak sebagai pribadi yang tidak sesuai dengan pusat, maka dikhawatirkan Abah tidak mengakuinya sebagai murid lagi dan terputus dari barokah dan karomah Abah Anom...untuk kita renungkan bersama....

11 Juni 2017 pukul 20.16

Yth. Pak Baskoro
Tidak ada yang bertindak atas nama pribadi, urusan thoriqoh bertindak atas nama Alloh. Karena Mursyid itu Alloh.
Silahkan juga direnungkan bersama...

27 April 2018 pukul 18.19

Saya salah satu ikhwan TQN Ponpes Suryalaya,dan sebelumnya sy mengambik talqin pada wakil talqin Pangersa abah Anom di Suryalaya,dari pengalaman yg sy rasakan krna sy belum mampu berkomunikasi dgn Ruh Abah Anom dalam berguru,banyak kebingungan2 dalam amaliah dan i'tikad hati...tp Alhamdulillah sy Syukuri dan sy yakini itu adalah perjalanan binbingan Alloh kepada sy dalam mencari Guru Mursyid sejak lama,kerinduan ingin bertemu dengan pangersa abah Anom kian meluap...dan seperti semakin hampa petunjuk dalam amaliah dan muamalah...krn tidak Pangersa abah sudah Pulang.lalu pada sekitar Thn 2015 hati Saya ada kecobdongan Kepada Pangersa Abah Aos,dan dikuatkan dgn pengalaman seorang kyai Murud nya abah Anom yg mengatakan beliau melihat dalam tawajjuhnya bahwa Abah Anom memakaikan mahkota kepada Abah Aos disaksikan oleh Tuan Syeikh Abdul Qodir,Abah Sepuh,Syeikh Tolhah dan Syeikh Khotib Syambas.dan setrlau itu beliu pun (kyai) bertabaruk dan ikut melanjutkan estafet Robithah pada Abah Aos beserta Saya.Manfaat yg saya Rasakan,disiplin dan semangat ibadah kian meningkat perlahan,pemahaman tasawuf bertambah dan tidak bingung dalam mengikuti tauladan karena Mursyidnya hadir di Dunia.krn sy adalah mahluk jasmani dan ruhani,maka sy yakinkan utk menempuh penyempurnaan dhohir batin,Mursyidnya harus yg dhohir batin itu utk saya pribadi.terkecuali jika saudara2 sudah mampu berkomunikasi dengan Pangersa Abah Anom ya Silahkan sah sah saja klo tidak perlu mursyid hidup..Tapi secara logika saya dari Nabi Muhammad saja ada pelanjutnya ke bawah utk pelestari,pengamal,pengaman ajaran.lalu tanyalah hati sendiri,apakah Abah Anom lebih hebat dari Nabi Muhammad sehingga tidak perlu ada penerus,apa sudah cukup samapai 37 saja utk mengatasi masalah Ummat sampai akhir zaman ?hati Nurani ygenjawab

1 Juni 2018 pukul 13.30

Saya orang lain. Klo boleh ikut sharing sekilas.
Dari banyak cerita, sudah umum terjadi masalah ketika seorang mursyid besar wafat.

Kalau dari hasil tafakur saya.
Ada perbedaan antara PEWARIS dan PENERUS. tergantung apa yg diwariskan dan tergantung apa yg diteruskan.

Istilah penerus _bagi saya_ lebih tinggi nilainya. Oleh karenanya bisa jadi pewaris ada, penerus bisa berpuluh tahun lagi adanya, atau bahkan penerus TIDAK ADA.

Yg diwariskan bisa jadi leadership, bisa jadi kemursyidan, atau lainnya.

Kemursyidan pun macam-macam. Ada mursyid yg untuk diri dan keluarga (lingkup kecil) ada juga yg dijadikan mursyid yg diberi hak tuk angkat murid sebanyak2nya.

Sebuah contoh, disebuah cerita (bukan Tqn Suryalaya), seorang mursyid sblm mangkat mengangkat 3 mursyid. Dari 3 itu, 1 untuk umum, yg 2 untuk lingkup kecil.
Murid "tertua" justru salah satu dr yg 2 tsb, bukan mursyid resmi (mursyid utk umum).
Tp dari ketiganya tidak satupun PENERUS, penerus nya DIMASA DEPAN dari 2 mursyid yg lingkup kecil tadi (berarti dari keturunan 2 mursyid yg lingkup kecil tadi, dan bisa jadi kelak penerusnya lebih dari 1 (estafet jangka panjang)).

3 Juli 2018 pukul 01.00

37 tetap di hati.

24 September 2019 pukul 20.44

alhamdulillah kyai..bisa bergabung di bloger kyai..

31 Oktober 2020 pukul 23.52

Abah Sepuh Abah Anom Abah Aos adalah satu kesatuan dan satu tujuan.. Jarak antara Abah Sepuh kepada Abah Anom saja tidak ada 100 tahun, namun semua meyaqini Abah Sepuh dan Abah Anom adalah seorang Mursyid..Tidak akan ada Abah Anom bila Tidak ada Abah Sepuh.. Begitupula jarak antara Abah Anom dgn Abah Aos, belum ada 100 tahun, namun semua meyaqini Abah Aos adalah penerus Abah Anom.. Karomah Abah Aos hanya bisa dirasakan kpd yg yaqin atas keMursyidan nya.. Krn banyak yang belum pernah tau samasekali ttg Suryalaya, menjadi tau krn Abah Aos. Hal ini menunjukkan karomah beliau.. Banyak yg bertemu Abah Aos melalui mimpi padahal sebelum nya belum pernah pernah kenal dan belum pernah bertemu, bahkan Abah Anom saja tidak kenal awalnya.. Hal itu yg saya alami. Bisa Kenal Abah Sepuh, kenal Abah Anom, krn kenal dgn Abah Aos..

4 Juni 2021 pukul 07.54

Mohon shering.."" bnyk di luar sana tarekhat besar selain suryalaya itu ..mursyid nya sdh meninggal.tpi seluruh jamaah nya semua nya tetap berkidmah kpd sang guru..sang mursyid yg sdh wafat..( jujur sy org awam..cm sy memang sering dtg di acra haul tarekhat yg jamaah nya juga sampai manca negara.ini.dan sampai skr blum ada penerus nya..

Anonim
30 November 2022 pukul 23.28

IKUTI KATA HATI DIRI SENDIRI

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger