Home » » Kesaksianku Untuk Dia

Kesaksianku Untuk Dia

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Selasa, 12 November 2013 | 03.45

Cerita ini aku awali dengan pertanyaan, Mengapa Aku Mengikuti Dia?
Setelah berpulangnya pengersa Abah Anom, Syekh Shohibulwafa' Tajul Arifin, ra. Mursyid Thoriqoh Qoodiriyyah wa Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya silsilah ke 37 ke haribaan Allah SWT., pada tanggal 05 September 2011 dalam usia 96 tahun. Sejak itu saya selalu mencari dan menduga-duga siapakah yang menjadi Penerus Abah selaku Mursyid TQN PP Suryalaya silsilah yang ke 38 ? Pertanyaan ini sebenarnya juga menjadi pertanyaan dari seluruh Murid TQN PP Suryalaya, mengapa? Karena pengersa Abah Anom tidak meninggalkan wasiat (sebagai bukti majazi) tentang siapa yang menjadi penerus beliau.

Kisah ini bermula dari munculnya fenomena kemursyidan di TQN PP Suryalaya, terutama sejak Ajengan Gaos menceritakan perjalanan beliau selama 43 tahun bersama dengan pengersa Abah Anom yang disampaikan pada tanggal 11 Sya'ban 1433 H di Masjid Nurul Asror Ponpes Suryalaya. Adanya fenomena ini mengingatkan saya akan peristiwa pada hari Sabtu, 18 Juni 2011 disaat saya mengikuti Manaqib Tuan Syekh Abdul Qodir al Jaelani qs. di Masjid Agung Istiqlal Jakarta. Pada saat itu setelah selesai acara manaqib, ketika akan talqin, saya terkejut melihat pengersa Ajengan Gaos, beliau terlihat sangat tua sekali, tidak seperti biasanya. Melihat ini hatiku membatin, apakah ini sebagai pertanda bahwa beliau sudah siap menggantikan pengersa Abah Anom ?

Kemudian juga saya teringat kembali peristiwa beberapa tahun silam, tepatnya tahun 2003 saat Manaqib di Masjid An Nur Perumnas 3 Kota Tangerang. Manaqib hari itu dihadiri oleh dua orang Wakil Talqin; KH. Zezen Bazul Asyhab (Ajengan Zezen) pengasuh Ponpes Azzainiyyah dari Sukabumi dan KH. Raden Ahmad Rohim Mahmud dari Cirebon (cucu Syekh Tolhah). Ketika sesi tanya jawab, saya menanyakan tentang Tata Cara Shalat Hajat Khusus Tuan Syekh di dalam Manqobah kepada Ajengan Zezen. Namun ajengan Zezen mempersilahkan saya untuk bertanya kepada pengersa Ajengan Gaos saja (KH. Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul pengasuh Pesantren Sirnarasa Panjalu, Ciamis/Wakil Talqin Abah Anom) karena beliau tidak mengamalkan shalat tersebut, sebab yang beliau amalkan shalat hajatnya Al Imam Ghazali yang 12 rakaat. Atau kepada pengersa Aang Cianjur, karena dibidang rasa beliau masih dalam bimbingan pengersa Aang Cianjur (KH. Muhaeminul Aziz), Pengasuh Ponpes Darul Falah/Wakil Talqin Abah Anom dari Cianjur.

Pada manaqib bulan berikutnya ditempat yang sama, yaitu di Masjid An-Nur Perumnas 3 dihadiri oleh pengersa Ajengan Gaos. Sehingga pada kesempatan itu saya kembali menanyakan tentang tata cara shalat hajat tersebut kepada beliau sebagaimana arahan ajengan Zezen, saya sampaikan bahwa saya diarahkan oleh ajengan Zezen agar bertanya kepada beliau saja. Setelah saya sampaikan demikian, beliau agak sedikit terkejut, "Oh begitu", oh iya, pertanyaan itu sudah tepat diajukan ke saya, karena kitabnya sudah diserahkan pengersa Abah ke saya". Kemudian beliau menjelaskan tata cara shalat tersebut. Sebenarnya yang saya ingin tahu adalah penjelasan tentang mengapa harus menghadap dan menyebut nama Tuan Syekh? Namun pertanyaan ini tidak saya lantorkan, karena rasanya kurang etis. Eh! ternyata beliau menjawab, "Ingat niatnya untuk ziaroh". Jawaban beliau itulah sebenarnya yang saya butuhkan, padahal tidak saya tanyakan.

Sebelumnya, sebelum tanggal 11 Sya'ban 1434 H, saya menghadiri Manaqib Tuan Syekh Abdul Qodir Jaelani qs. yang pertama di Ponpes Jagat 'Arsy, Manaqib ini dibuka oleh pengersa Ajengan Gaos. Pada saat itu beliau menyampaikan bahwa, "Tidak ada yang bisa mendikte saya kecuali Guru saya. Saya tidak akan bergeser semilimeterpun dari kloter 37". Saya katakan di Suryalaya, kalau dengan isyarat tidak mengerti, dengan mulut tidak mengerti, nihhh"! Sambil beliau mengacungkan kepalan tangan beliau ke atas. "Kalau mau pukul saya, pukullah angin. Kalau mau tebas saya, tebaslah air". Sekarang saya sudah memiliki ketetapan hati, tunggu tanggal 11 bulan Sya'ban".

Kemudian saya melihat ceramah beliau yang diunggah di Youtube : http://mahmudjonsen.blogspot.com/2013/04/manaqib-di-masjid-istiqlal-kh-muhammad.html Beliau mengatakan, "Pengersa Abah menetapkan penerusnya pada tahun 1957. Makanya saya katakan pengersa Abah tidak menurunkan Qirqoh Kemursyidan kepada para Wakil Talqin. Siapa saja yang mengaku Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, Bukan, titik!".

Menanggapi fenomena ini, pihak Ponpes Suryalaya dan Yayasan Serba Bakti PPS, serta sebagian besar wakil talqin mengeluarkan Ijma I : http://www.suryalaya.org/ver2/berita.html Dengan adanya Ijma ini kemudian saya berusaha mencari lagi informasi-informasi, baik secara majazi maupun secara hakiki, tentang pengersa Ajengan Gaos. Dari pencarian tersebut saya mendapati bahwa, perkataan-perkataan pengersa Ajengan Gaos sekarang yang sering beliau ucapkan ternyata bukanlah hal baru, sebab ucapan-ucapan ini ternyata sudah diucapkan sejak dulu, sejak pengersa Abah Anom masih ada. Diantaranya dapat didengarkan di : http://www.index-of-mp3s.com/download/mp3/lagu/id/7f28ed3b/kh-abdul-gaos/

Dari hasil pencarian tersebut, akhirnya saya mengambil suatu kesimpulan bahwa, pengersa Abah Gaos, Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul ra. adalah penerus pengersa Abah Anom, Syekh Ahmad Shohibulwafa' Tajul Arifin ra., selaku Mursyid Thoriqoh Qoodiriyyah wa Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya silsilah ke 38. Hal ini saya tuangkan dalam tulisan : http://mahmudjonsen.blogspot.com/2013/08/cahaya-yang-tak-pernah-padam.html Sejak tulisan ini dibuatlah saya mempunyai ketetapan hati yang kuat dengan mengakui beliau dan menyambung ruhani saya kepada para ahli silsilah melalui beliau. Alhamdulillaah. Kemudian saya mengungkapkan pendapat dalam tulisan : http://mahmudjonsen.blogspot.com/2013/09/sekelumit-renungan.html tulisan ini adalah murni pendapat dan renungan saya pribadi.

Selanjutnya menyusul kemudian dikeluarkannya himbauan-himbauan dari PP Suryalaya, yakni Ijma jilid II : http://www.suryalaya.org/ver2/berita.html dan Ijma yang di SK-kan http://www.suryalaya.org/ver2/berita.html . Alhamdulillah, saya tidak bergeser semilimeterpun dari pengersa Abah Gaos. Malahan saya semakin mencari informasi agar dapat lebih dekat ke pengersa Abah Gaos, dan akhirnya saya mendapat informasi tentang adanya training Da'i di Ponpes Jagat 'Arsy, syukur alhamdulillah akhirnya saya dapat mengikuti Training Da'i/Da'iyah Brigade 38 dalam rangka mengamalkan, mengamankan, dan melestarikan Thoriqoh Qoodiriyyah wa Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya, yang diselenggarakan di Madrasah TQN PP Suryalaya Pondok Pesantren Internasional Jagat 'Arsy. Mula-mula saya tidak bisa menjadi peserta, karena peserta dibatasi (sudah penuh). Namun beberapa hari kemudian, tepatnya sehari sebelum pelaksanaan training, saya mendapat SMS yang isinya : "Kalau bapak mau ikut ditungu besok check in jam 07.00 pagi". Alhamdulillah. 

Saya bersyukur kepada Allah SWT. atas limpahan rahmat dan karuniaNya ini melalui baroqah karomah pengersa Abah Gaos. Saya menyadari semua ini adalah semata-mata atas pertolongan Allah SWT. Saya tidak merasa sombong dengan anugerah ini, saya berpendapat bahwa para murid pengersa Abah Anom terbagi menjadi tiga golongan menyikapi hal ini, sebagaimana yang saya tuangkan dalam tulisan ini  : http://mahmudjonsen.blogspot.com/2013/10/perjalanan-murid-mencari-guru.html 

Fakta yang menarik :
1. Sampai saat tulisan ini dibuat saya belum pernah ke Pesantren Sirnarasa. 
2. Saya juga bukan santri di Pesantren Sirnarasa.
3. Bahkan sebelumnya, saya tidak mengidolakan pengersa ajengan Gaos.
4. Sebelum saya mengikuti training da'i di Ponpes Jagat 'Arsy saya belum pernah membaca buku Suryalaya Bukan Panggung Sandiwara (saya tahu buku ini dari setelah membaca Ijma), buku tersebut baru saya baca disela-sela training dengan meminjam dari salah satu peserta training, dan saya juga belum pernah membaca buku Saefullah Maslul Menjawab 165 Masalah Seri 2, buku tersebut baru saya baca setelah dihadiahkan oleh pengersa KH. Dadang Muliyawan di sela-sela training. 

Ini faktanya :

Written By Mahmud Jonsen on Kamis, 22 Agustus 2013 | 02.24


Tafakur Pecinta Kesucian Jiwa
15 Syawal/22 Agustus 2013. 15.35 WIB. (Ba'da Ashar)

Di dalam buku "Suryalaya Bukan Panggung Sandiwara" :













Senin, 02 September 2013 | 03.23


Dengan melihat, mendengar, dan merasakan bahwa banyaknya jamaah atau pengamal TQN di bawah bimbingan pengersa Abah Anom yang berjumlah puluhan juta orang yang tersebar di Manca Negara, rasanya tidak mungkin Allah SWT. tidak menurunkan penerus beliau selaku Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Jadi insya Allah sudah dapat dipastikan bahwa penerus beliau itu pasti Ada!

Di dalam buku "Suryalaya Bukan Panggung Sandiwara" :













Senin, 02 September 2013 | 03.23


Sudah dapat dipastikan bahwa penerus beliau tersebut adalah seorang murid beliau yang akan melanjutkan (melestarikan) ajaran TQN yang beliau ajarkan. Jadi tidak mungkin sang penerus itu berasal dari luar TQN Pondok Pesantren Suryalaya.

Di dalam buku "Saefullah Maslul Menjawab 165 Masalah Seri 2" :













4. Adanya fenomena ini mengingatkan saya pada hari Sabtu, 18 Juni 2011 saat mengikuti manaqib Tuan Syekh Abdul Qodir al Jaelani qs. di Masjid Istiqlal Jakarta, pada saat itu setelah selesai acara manaqib, ketika akan talqin, saya terkejut melihat pengersa Ajengan Gaos, beliau terlihat sangat tua sekali, tidak seperti biasanya. Melihat ini hatiku membatin, apakah ini sebagai pertanda bahwa beliau sudah siap menggantikan pengersa Abah Anom ? >>> Dan ternyata pengersa Abah Anom wafat pada hari Senin, 05 September 2011, tiga bulan kemudian dari Manaqib di Masjid Istiqlal Jakarta.

5. Ketika sesi tanya jawab saat Manaqib di Masjid An-Nur Perum 3 Tangerang, saya menanyakan tentang Tata Cara Shalat Hajat Khusus Tuan Syekh di dalam Manqobah kepada Ajengan Zezen. Namun ajengan Zezen mempersilahkan saya untuk bertanya kepada pengersa Ajengan Gaos saja (KH. Muhammad Abdul Gaos Saefullah Maslul pengasuh Pesantren Sirnarasa Panjalu, Ciamis/Wakil Talqin Abah Anom) karena beliau tidak mengamalkan shalat tersebut, sebab yang beliau amalkan shalat hajatnya Al Imam Ghazali yang 12 rakaat. >>> Pada manaqib bulan berikutnya ditempat yang sama, yaitu di Masjid An-Nur Perumnas 3 dihadiri oleh pengersa Ajengan Gaos. Saya tanyakan, beliau menjawab"Oh begitu", oh ya, pertanyaan itu sudah tepat diajukan ke saya, karena kitabnya sudah diserahkan pengersa Abah ke saya". Kemudian beliau menjelaskan tata cara shalat tersebut. Sebenarnya yang saya ingin tahu adalah penjelasan tentang mengapa harus menghadap dan menyebut nama Tuan Syekh? Namun pertanyaan ini tidak saya lantorkan, karena rasanya kurang etis. Eh! ternyata beliau menjawab, "Ingat niatnya untuk ziaroh". Jawaban beliau itulah sebenarnya yang saya butuhkan, padahal tidak saya tanyakan.

6. Didalam buku "Saefullah Maslul Menjawab 165 Pertanyaan", yang diterbitkan bulan Agustus 2006. Pasal 6, ada yang bertanya, " Siapa yang mengetahu penggantinya itu?". Beliau menjawab, "Sudah pasti yang satu itu yang mengetahuinya.... dst. >>> Ini berarti beliau konsisten dengan ucapannya, karena buku tersebut diterbitkan dimasa pengersa Abah Anom masih hidup. Seorang Mursyid cirinya ialah Konsisten dan Istiqomah.

7. Sewaktu pertama pengersa Abah Gaos menginjakkan kaki di bulan Maret tahun 1968 di Pesantren Suryalaya, bertemu dan berkhidmat dengan pengersa Abah Anom, pada saat pamit pulang, pengersa Abah Gaos bertekuk lutut di hadapan pengersa Abah Anom, tangan kanan mencium tangan kanan Abah Anom, dan tangan kiri Abah Anom menepuk tengkuk Abah Gaos dan bersabda, "Waqoolalahum nabiyyuhum, innallaaha qodba'asta lakum thooluut malikan. Qoluu annaa yakuunu lahul mulku 'alainaa wanahnu".(QS. Al Baqoroh : 247) >>> Ini menandakan bahwa pengersa Abah Gaos telah diperintah oleh pengersa Abah Anom, karena beliau sudah dipilih sebagai penerusnya selaku Mursyid Thoriqoh Qoodiryyiah wa Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya. Karena firman Allah SWT, "Laa tabdiila likalimaatillaah". (QS. Yunus : 64).

8. Dan masih banyak lagi isyarat-isyarat lainnya yang tak mungkin saya tuliskan. Kejadian-kejadian ini tentu bukan secara kebetulan, karena dalam tradisi pengamalan ilmu Tashawuf tidak ada yang kebetulan, semua itu isyarat dari Allah SWT.

Hal-hal lainnya :
1. Sebenarnya diantara para Mubaligh dan wakil talqin TQN PP Suryalaya, saya mengidolakan pengersa Ajengan Zezen Bazul Asyhab, karena beliau sangat cerdas, memiliki ilmu yang tinggi, banyak menyandang jabatan-jabat formal. Bahkan saya sempat berharap beliaulah yang akan meneruskan silsilah TQN PP Suryalaya. Namun setelah Allah SWT. memberikan petunjukknya kepada saya, ternyata saya menjadi tahu bahwa beliau bukanlah penerus silsilah TQN PP Suryalaya. 
Alasan-alasannya adalah sbb :
- Dibeberapa kesempatan pengersa ajengan Zezen banyak menyebutkan bahwa beliau sudah banyak belajar Thoriqoh selain TQN PP Suryalaya, bahkan semakin tahun jumlah Thoriqoh yang dipelajari beliau semakin bertambah jumlahnya. >>> Ini menandakan bahwa beliau bukan murid "asli" Abah Anom, dalam arti tidak mengetahui Abah Anom secara keseluruhan jika dibandingkan dengan Abah Gaos. Karena syarat Mursyid harus mengetahui Guru Mursyidnya secara luas.

- Dibeberapa kesempatan pengersa ajengan Zezen menyebut pengersa ajengan Gaos adalah Senior beliau di TQN PP Suryalaya. >>> Ini menandakan bahwa beliau Junior, karena baru beberapa tahun ikut pengersa Abah Anom, kalau tidak salah sejak tahun 1990, jauh sekali jika dibandingkan dengan Abah Gaos yang sudah ikut Abah Anom sejak tahun 1968.

- Dalam hidmat ilmiah Manaqib di Ponpes Suryalaya, ajengan Zezen menyampaikan, "Sebagai khodim Pesantren Suryalaya, apapun pangkatmu, setinggi apapun pengetahuanmu, sehebat apapun ibadahmu, sehebat apapun kemampuan manajemenmu yang namanya murid Suryalaya, semuanya adalah Khodim (Pelayan). Seluruh murid TQN Pontren Suryalaya, setinggi apapun ilmunya, sehebat apapun ibadahnya, sehebat apapun amalnya, sekaya apapun hartanya, sehebat apapun kepemimpinannya, setinggi apapun pangkatnya, posisikan diri anda semua jangan ragu kita semua adalah Khodim (Pelayan)." >>> Ini menandakan berarti beliau bukan Mursyid, tetapi sebagai Khodim, sedangkan Mursyid adalah Pemimpin.

2. Melestarikan TQN PP Suryalaya, maksudnya adalah ; bisa saja saya berpendapat bahwa saya tidak membutuhkan Mursyid baru penerus silsilah ke 38, tokh saya sudah ditalqin oleh pengersa Abah Anom. Sayapun masih bisa mengamalkan apa yang sudah beliau ajarkan. Jadi saya tidak memerlukan Mursyid baru. Akan tetapi dengan membuka hati seluas-luasnya untuk menerima hakikat kebenaran maka kita akan menjadi tahu bahwa pendapat kita tersebut adalah sebuah kesombongan. Mengapa ? karena dengan demikian berarti kita telah EGOIS tidak PEDULI dengan IKHWAN YANG BARU AKAN DATANG, mereka sangat memerlukan Mursyid. Meskipun ada wakil talqin, akan tetapi mereka bukanlah Mursyid ! Maka KITA SEMUA BUTUH SEORANG MURSYID.

3. Pengakuan tokoh, diantaranya :

KH. Muhammad Sholeh Hujatul 'Arifin (Wakil Talqin).
















Bapak Dahlan Iskan (Meneg BUMN).

Syaikh Hasyimudin (Cucu ke 18 Syekh Abdul Qodir Al Jaelani QS.)
Prof. DR. Nazaruddin Umar (Wakil Menteri Agama RI). 













Jamaah Manaqib di Masjid Istiqlal Jakarta












Wawancara Stasiun Televisi

Share this article :

+ komentar + 11 komentar

28 September 2016 pukul 09.08

Terimakasih atas penjelasan nya semoga ini jlan petunjuk bagi diri ini,
Syukran jazakallahu khaeron katsiran barokallahu laka fiddaroen Aamiin

12 Januari 2017 pukul 07.10

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Teriring do'a semoga Alloh memberikan pertolongan kepada kita semua, aamiin.

Karena saya membaca tulisan bapak.. Maka, saya rasa perlu saya sampaikan...

Langsung saja..

Suatu ketika saya hadir manakib atas undangan sms dr teman di Bekasi, tepatnya pondok pekayon jaya bersama ajengan gaos (pada saat itu) saya pun hadir.. pada saat khotaman tawasul ke pagersa guru mursyid ada tambahan ajengan gaos (pada saat itu), saya ikutin sampai pada tausiah ajengan gaos (pada saat itu), kata beliau masih sy ingat : "orang2 pinter sekarang pada gak bisa ngitung! Masa habis 37 tiga puluh tujuh saja.. ya 38 dong..!! Itu pengakuannya..

Mohon maaf.. Maksud dan tujuannya kemana? Bukankah itu pernyataan merendahkan.. Termasuk keluarga Pangersa Abah Anom dan juga kepada pengemban amanah.. Sesepuh Suryalaya dan semuanya..

Kemudian pada saat sesion tanya jawab, ada ikhwan yg menanyakan tentang surat edaran dari pengemban amanah/ sesepuh suryalaya yg memberikan penegasan belum ada mursyid yg baru setelah pangersa abah anom, masih abah anom sebagai mursyid TQN suryalaya.. dengan tegas ajengan gaos (pada saat itu) menjawab : tidak apa2 jangankan surat edaran surat al qur 'an juga tidak apa2..!!

Tutur kata ajengan gaos (pada saat itu) sungguh tidak bisa diterima, setelah menghina keluarga guru mursyid.. Kemudian beliau menantang surat Al qur'an (firman Alloh) apakah begini penerus kemursyidan setelah abah anom?

Demi Alloh, yang saya katakan benar adanya..

setelah usai manakib, saya coba tanya ust. yanto, beliau adalah imam masjid al falah pengasinan pusat TQN bekasi (pada saat itu) jawaban beliau : "pada awalnya memang salah satu ihwan dan teman2 ihwan yg menunjuk beliau mursyid TQN penerus abah anom.. dan ajengan gaos (pada saat itu) tidak menolaknya..! begitu jawaban dr ust. yanto.

Dari penyampaian ajengan gaos (pada saat itu) beliau menerimanya bahkan berusaha meyakinkan jamaahnya.

waktu berlalu.. ada undangan manakib lagi di bekasi dikediaman sekrearis TQN bekasi (pada saat itu) yang ngisi kyai sholeh jakarta, saya hadir langsung ke masjid al falah ketemu ust. yanto dzikir dan khotaman bersama satu ihwan bertiga sama saya, ust. yanto yang memimpin, tawasul beliau kepada guru mursyid masih abah anom.

setelah khotaman selesai saya utarakan maksud saya mau menghadiri manakib, kemudian beliau mengantarkan saya kerumah sekretaris TQN bekasi (pada saat itu), lagi2 pada saat tawasulnya ke guru mursyid ada ajengan gaos (pada saat itu).. saya ikutin sampai pada shohibul manakib nenyampaikan kyai sholeh tidak bisa hadir.. disitulah dijelaskan kyai sholeh adalah wakil talkin yg mendukung ajengan gaos (pada saat itu) dan pada hidmat ilmiah intinya terus menyakinkan jamaah bahwasanya ajengan gaos (pada saat itu) adalah guru mursyid yg baru.

Apakah harus seperti itu..?

saudaraku.. robithohlah kepada pangersa abah anom beliau masih membimbing murid2nya.. mendekatlah kepada beliau.. janganlah bernafsu.. kalau robithoh anda benar... anda tidak akan mungkin berani menyebut ajengan gaos (pada saat itu) sebagai mursyid.

pangersa abah anom adalah orang tua kita, bagaimanapun kita semua adalah anak2nya.. memang adakalanya kita berbuat salah, tidakkah kita merasakan petunjuknya? janganlah terlalu lama meninggalkannya dengan kemunafikan kita, cepatlah kembali.. mendekatlah kepada beliau.. saya yakin dengan kemuhlasan beliau, kita diterima kembali dalam bimbingan beliau..

suryalaya adalah bapaknya.. azzainiyah, sirna rasa, fajar dunia, dan yang lainnya.. sekali lagi adalah anak-anaknya dan ada kalanya memang anak2nya tidak semua manut sama orang tuanya, taat sama bapaknya meskipun sudah diingatkan masih saja ngeyel.. kalau tidak ada restu dari orang tua apakah itu dapat dibenarkan?? apakah kita mau jadi anak durhaka?? apakah kita mau ikut2an menjadi anak durhaka?! ihwan.. mari kita renungkan.. trims.

Billahi taufik walhidayah

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

Nurokhman

(nurokhman.108@gmail.com)

1 Maret 2017 pukul 23.48

Setidak orng yg d angkat mursyid pasti d izajahi oleh:
1.rosullulloh
2.syekh abdul qodir al-jaelani
3.guru mursyid nya
Karena kalo bahas toriqoh itu gak bisa asal"an semua dah ada urutan nya..
Gak bisa dnsebut murid lama atau baru itu semua tergantung 3 kekasih allah tersebut..
Trmksh wasalam
Ferdian TQN PP SURYALAYA

1 Maret 2017 pukul 23.48

Setidak orng yg d angkat mursyid pasti d izajahi oleh:
1.rosullulloh
2.syekh abdul qodir al-jaelani
3.guru mursyid nya
Karena kalo bahas toriqoh itu gak bisa asal"an semua dah ada urutan nya..
Gak bisa dnsebut murid lama atau baru itu semua tergantung 3 kekasih allah tersebut..
Trmksh wasalam
Ferdian TQN PP SURYALAYA

17 April 2017 pukul 19.54

Astaghfirullah.. hidayah semuanya milik allah.. buat apa sudah diajarkan khofi kalau masih banyak tanya.. silahkan akang semuanya dicoba.. itu yg disuruh sama abah aos... dan ingat dalam kesufian itu akal tdk lah berlaku, namun hati yg nyambung lepada Allah dan itulah jalan yang lurus

17 April 2017 pukul 19.55

Tanya langsung ka Allah.. buat apa di ajarkan khofi

17 April 2017 pukul 19.56

Buat apa belajar khofi..?kalo masih ragu atas semuanya.. Allah mah maha sagalanya

Anonim
18 Februari 2018 pukul 10.58

Agak lucu bacanya hehe....
Seperti yg selalu dikatakan Wa Zezen, thoriqoh itu bukan partai, mursyid itu dipilih Allah, bukan atas pengakuan diri sendiri.

Anonim
7 Februari 2020 pukul 06.22

Jangankan mursyid jadi wakil talqin pun ngga .. pangersa abah anom tidak mengagngkat abah aos jadi wakil talqin berrti siapa yg mengaku aos mursyid penerus abah anom dia sudah putus silsilahnya.. karena abah anaom sebelum jadi mursyid pun di kasih amanat buat jadi wakil talqinnya pangersa abah sepuh..

3 September 2020 pukul 21.20

Saya thn 82 di suryalaya. Dua tahun tinghal di suryalaya, sesudahnya kerap kali datang ke suryalaya. Nah ada fenomena diatas tentang pengganti mursyid, bismillah.... Semua pengakuan itu diatas, ya hanya pengakuan saja tidak lebih tidak kurang. Allah Maha Teliti . Maka telitilah dgn memakai hati dan rasa . Wasalam

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger