Home » » Khidmat Kepada Ahlul Bait Syekh Mursyid

Khidmat Kepada Ahlul Bait Syekh Mursyid

Written By Mahmud J. Al Maghribi on Senin, 13 Mei 2013 | 22.14

 KHIDMAT ILMIAH MANAQIB BULAN RABIUL AKHIR 1434 H 
Oleh : K.H. Zezen Zainal Abidin Bazul Asyhab (Sabtu, 12 Rabiul Akhir 1434 H / 23 Pebruari 2013 M)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Almukaromin wal muhtaromin. Bil khusus ruhna Hadrotis Syaikh Guru Agung Pangersa Abah (KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin), almukaromin para wakil talqin, keluarga besar Pangersa Abah Sepuh dan Pangersa Abah Anom, para pengurus YSB Suryalaya Pusat, Korwil, Perwakilan, Pembantu Perwakilan, Mubalighin/Mubalighat, Ibu Bella, semua ikhwan wal akhwat rohimakumullah.
Hadirin, bulan Maulid Rabiul Awal manaqib kita adalah berkaitan dengan Peringatan Maulid Nabi.
Bulan Rabiul Akhir, kalau orang sunda menyebutnya “silih mulud”, kalau orang jawa banyak menyebutnya “syawal mulud/ ba’dil mulud”. Ada hal yang sangat terkait sebagaimana yang dibacakan oleh pembaca Manqobah (KH. Abdul Qohir), beliau membacakan tentang Wafatnya Guru Agung, Pemimpinnya para wali, imamnya para asfiya (para sufiya), gaidnya para ahli ma’rifat Syaikh Abdul Qodir Al Jailani qs.
Izin Allah qori kita (Ust. Abdul Wahid) membacakan surat Al Muluk. Kalau ditanya bagi orang yang berthariqat ayat Quran-nya ayat quran mana sih ? Saya melihat sebuah budaya, fenomena yang berjalan, mungkin karena keterbatasan bekal ilmu banyak sekali orang berthariqat yang kalau mengangkat Quran sebatas ayat-ayat yang ada “dzikru”nya, misal : fadzkuru, dzakirin, dzakiro, udzkur. Di satu pihak baik, jangan sebut salah,karena itu memang Al Quran.
Kurang lebih kalau kita membuka Kitab Mu’jam Al Mufaros ada 300 ayat lebih yang memakai kalimat “dzikru”. Tetapi jangan menganggap ayat lain bukan ayat dzikir, ini kepada Sauradara-saudara saya para Mubaligh/Mubalighoh terutama silahkan, dari mulai Al Fatihah sampai An Nas semuanya Al Quran itu disebur dzikir “inna nahnu nazzalna dzikro wa inna lahu lahaafidzuun” sebab ketika mubaligh kita mengangkatnya hanya ayat dzikir, terus terang oleh ulama yang tidak senang terhadap thoriqat, maaf ditertawakan. Ayo kita tambahkan ilmu, sesuai dengan Maklumat Guru Agung Pangersa Abah “Tambahkan pengetahuan”, belajar dzikir tidak menafikan pengetahuan karena pengetahuan menjadi syarat di dalam berdzikir. Yang jangan itu berfatwa berlebihan, bahwa untuk belajar dzikir thoriqat harus sudah mengusai 12 pan umpama, itu opini yang dibuat, tidak begitu. Anda bodoh super bodoh sekalipun sah untuk mengambil belajar thoriqat. Tidak faham Quran tidak faham Hadits masuk Islamnya pun baru umpamanya, sah.
Ada pengalaman saya : waktu itu ada yang baru masuk Islam dan ingin juga mendapatkan talqin dzikir thoriqat, waktu itu saya tidak berani. Saya telepon dulu ke Pangersa Abah (hati-hati .....hati-hati..... kepada yang pintar-pintar, dalam hal-hal thoriqiyyah ada tatakrama tertentu), saya tidak langsung mengiyakan. Setelah ada jawaban baru Saya lakukan proses talqin tersebut.
Ini bagi saya menjadi bukti bahwa untuk menjagi pengamal thoriqat manapun khususnya TQN Pontren Suryalaya, bukan tidak boleh belajar ilmu tapi tidak disyaratkan harus sudah tinggi ilmu. Catat itu, sering salah faham itu. Mau dari dalam dulu terus yang luar, silahkan. Dari luar dulu terus yang dalam, boleh. Bijaksananya....masya Allah. Alhadulillah. Ini semua adalah sebuah Ijtihad, tidak berlebihan kalau saya menyebutkan Hadrotus Syaikh Guru Agung Pangersa Abah adalah Al Mujtahid fith-thoriq. Bukan mujtahid dalam fiqih, tapi beliau mendapatkan kemampuan membuat kebijakan-kebijakan di dalam hal berthoriqat. Antara lain : Andai belajar thoriqat ini harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh para sufiyyah masa lalu, maka orang seperti kita tidak kebagian. Paling menjadi pengikut bagian belakang, tidak ikut mengamalkan. Beliau bekerja keras, beliau melakukan Muroqobah pada Allah, Beliau melakukan Riyadhah, saum yang sangat lama, sholatul lail yang tiada bolos tiada kosong, munajat dengan ikhlas, maka orang-orang yang sekelas kita yang begitu kotor, bodoh mendapatkan kesempatan untuk mengamalkan. Alhamdulillah.Terimakasih......Guru Agung, ..........terimakasih. Sungguh banyak ulama yang ilmunya tinggi tapi oleh Allah tidak diberi kesempatan. Tetapi Allah memberikan kelebihan, kelebihan yang terutama adalah dibidang ma’rifat , di bidang ibadah, dibidang akhlaq. Andai karena tidak belajar Akhlaq, mohon maaf pak kalau soal ngaji kitab, Sukabumi, Cianjur jagonya. Wong Pangersa Abah sendiri belajar ngajinya dari Cianjur (dari Jambudwipa, Cicariang) di Sukabumi (Cimalati) kalau soal ilmu, tetapi tugas dari Allah kita bukan sekedar ilmu, mari kita rujuk kepada surat tadi.
Sebagai khodim Pesantren Suryalaya, apapun pangkatmu, setinggi apapun pengetahuanmu, sehebat apapun ibadahmu, sehebat apapun kemampuan manajemenmu yang namanya murid Suryalaya, semuanya adalah Khodim (Pelayan). Seluruh murid TQN Pontren Suryalaya, setinggi apapun ilmunya, sehebat apapun ibadahnya, sehebat apapun amalnya, sekaya apapun hartanya, sehebat apapun kepemimpinannya, setinggi apapun pangkatnya, posisikan diri anda semua jangan ragu kita semua adalah Khodim (Pelayan). Kita tidak boleh lupa perkataan Khodimul Muqoddam (Khodim utama), saya menyebutnya di antara khodim utama adalah Pangersa Akeh, Pangersa Aang-Cianjur, sepuh-sepuh yang terus berkhidmat. Beliau mengatakan di mimbar ini “Awas jangan lupa tujuan kita semua kesini untuk menerima limpahan” siapkan wajannya, yang bolong ditutup, buang yang berkarat,“sugan we sa kecret luluberan teh kena ka urang” barangkali saja ada setetes limpahan itu kena kepada kita, maaf tidak bermaksud menasihati siapapun jangan salah faham.
Hadirin rahimakumullah. Kita adalah Khodim, para pelayan. “tabaarokalladzii biyadihil mulk” Maha Barokah dzat Allah yang ditangan Dia seluruh kerajaan bumi, langit, dunia, akhirat semua kekuasaan ditangan Dia. “Wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir” Dia terhadap segala sesuatu (apapun sesuatu itu) mampu. Bagaimana tidak mampu wong Dia Sang Pencipta, Dia yang mentakdirkan. Dan Dia pula “alladzii kholaqol maut” yang menciptakan maut. Kalau bicara maut jangan sebatas maut setelah hidup, wong sebelum hidup juga kita sudah maut, tadinya maut lalu hidup setelah hidup maut setelah maut hidup lagi, “wal hayat” dan hidup. Khususnya hidup di muka bumi ini untuk apa Ya Allah kami dihidupkan dimuka bumi ini ? (ngadon ngariweuhkeun, ngadon ngaheuheurinanan) Allah berfirman “liyabluwakum” untuk menguji, ngetes, imtihan, mencoba; “ayyukum ahsanu ‘amala” siapa diantara kamu sekalian yang amalannya (amalan urusan ukhrowinya, dunianya, ibadahnya, aqidahnya, pelayanannya; amal itu jangan disempitkan hanya sholat rukun Islam saja bukan, semua pekerjaan, amal). Awas kawan-kawan, awas para wakil talqin, hati-hati para pengurus, kawan-kawan di gugus depan di Suryalaya ketika mengalami barokah dari Pangersa Guru Agung Hadrotus Syaikh Pangersa Abah Anom, jangan pernah dalam hati kita mengatakan “Aku Hebat”. Ke Ananiyahan sangat berbahaya di dalam Thoriqat. Yang muncul dalam qalbu kita adalah Agungnya Guru, Karomah Guru. Saya berani berandai-andai. Andai semua pimpinan di tingkat negara maupun keumatan memahami Tanbih Pangersa Abah Sepuh yang ditandatangi oleh Guru Agung Pangersa Abah Anom, dunia pasti aman, masyarakat pasti sejahtera.
“huwal ‘azis” Allah Maha Perkasa, “huwal ghafur” Allah Maha Pengampun, diantara kerja Allah adalah “alladzii kholaqo sab’a samaawaatin tibaaq” Allahlah yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis.
Salah satu Adab Murid di dalam thariqat yang terdapat dalam Kitab Anwarul Qudsiyyah diantaranya “yaqinuka bi anna syaikhoka mursyiduka”keyakinanmu bahwa gurumu adalah mursyidmu yakini jangan ragu-ragu, kalau anda ragu-ragu maka dia sebesar dugaan kita. Abah Anom adalah Waliyyan Mursyida seorang Waliyullah yang sampai ke tingkat Irsyad dan ia mampu membawa ruh kita dari mulqi ke alam lahut. Kita sekalian posisinya adalah sebagai khodim. Di dalamnya (kitab Anwarul Qudsiyyah) ada apa lagi, diantara 24 adab adalah “al bu’du ansyammiriisithoriqoh”em>jauhkan dirimu dari merasa kamu sudah mencapai maqam dalam thoriqat. Ini normatif, jangan salah faham saya tidak bermaksud menyinggung siapapun. Wahai semua murid kontrol hati masing-masing jangan sampai anda merasa “aku sih sudah punya maqam/kelas tertentu”. Seribu kali karomah melimpah pada kita, tidak ada karomah itu karomah dirimu sendiri. Bahkan dalam Kitab Al Hikam dikatakan “innamaa nahnu fitnatun idzaa fatahalaka baaban minattawajjuh fala tubaali ‘an ghalla ‘amalu” kalau anda dalam belajar thariqat merasakan kehebatan/keluarbiasaan yang diberikan Allah pada diri saudara, hati-hati jangan menganggap bahwa itu adalah tempat tertinggi bagi saudara. “falmathluubu amaamat” yang kau cari masih di depan sana. Silahkan saudara-saudara mau mengambil pemikiran yang mana, mari kita istiqamah...istiqomah....kita selalu berdo’a diakhiri dengan“Wa’tashimu bi hablillah” berpeganglah semuanya pada tali Allah, “walaa tafarroquu” jangan bercerai berai, jangan.... kita sedang diuji, iman kita sedang diuji, kebenaran kita dalam berthariqat sedang diuji, ruh kita sedang diuji, qalbu kita sedang diuji. Bagi yang masih berada dibelakang kira-kira maqamnya sabarlah, tidak usah menyalip orang. Bagi yang sudah di depan hati-hati....offsite. Semuanya kontrol diri. Saya bicara begini supaya tidak ada yang gagal.
Hadirin rohimakumullah. “walaa tasummu riihat thoriqat” jangan pernah Anda merasa bahwa Aku telah sampai pada “rih” tertentu, jangan. Lebih baik kita posisikan diri kita adalah sebagai Khodim. Allah telah menurunkan alat utama, raja semua amalan, kalimat maha sakti, pusaka yang sangat mulia, kalimatut thayyibah, kalimatul ikhlas “LAA ILAAHA ILLALLAAH”. Bersyukurlah kita yang bodoh dan yang kotor dipertemukan dengan Pondok Pesantren Suryalaya, semoga istiqomah semua, semoga tawadhu semua, semoga lurus semua. Sejelek-jeleknya orang kalau lurus insya Allah ada harapan untuk sampai tujuan.
Terakhir marilah kita berdo’a : “Yaa Allah Andai Engkau berkehendak, semoga Engkau berkehendak untuk mengangkat pelanjut dari lingkungan keluarga Beliau”. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
 
           
Khidmat Ilmiah : http://www.suryalaya.org/ver2/main.html
Sumber Foto : http://www.facebook.com/suaralangit.suryalaya?fref=ts
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

1 Juli 2013 pukul 01.32

ini poto siapa mas

3 Juli 2013 pukul 23.46

Foto KH. Zezen Bazul Asyhab, Pimpinan Ponpes Azzainiyyah Sukabumi, Wakil Rois NU Jabar, Ketua MUI Jabar, dan Rois Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh Annahdliyyah Jabar. WAKIL TALQIN Syekh Ahmad Shohibulwafa' Tajul 'Arifin ra.(Abah Anom)TQN Suryalaya. Sedang berkhidmat kepada KH. Kankan Zulkarnain (Putera Alm. Abah Anom.

2 September 2013 pukul 21.33

KH.Kankan Zulkarnaen Tajul 'Arifin ( putra abah anom )

16 Desember 2015 pukul 08.29

Salam,
Mau tanya, naskah ini ditulis/disusun/diketik atas rekaman atau salinan kertas? Apabila ada rekaman berupa mp3 atau video, mohon kesediannya utk di upload kalau berkenan..terima kasih.. _/\_

17 Desember 2015 pukul 00.29

Saya tidak menyimpan rekamannya, naskah di atas copy paste dari link yang tercantum di bawah tulisan. Saya meng copas karena saat itu saya sedang dalam pencarian Guru Mursyid penerus Abah Anom.

Alhamdulillaah, sekarang saya sudah ketemu, justru dari tulisan tersebut salah satu wasilahnya, KHODIM adalah pelayan, sedangkan MURSYID adalah pemimpin.

20 April 2019 pukul 10.28

Amiin.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. UNTAIAN MUTIARA TQN SURYALAYA - SIRNARASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger